Disadari atau tidak, setiap bisnis memiliki merek. Bagaimana Anda mengembangkannya adalah perbedaan antara menciptakan titik pembeda Anda atau membaur dengan orang banyak; memproyeksikan citra positif atau memunculkan citra negatif; mengembangkan bisnis Anda atau hanya sekedar eksis; berhasil menjangkau audiens target Anda atau kehilangan sasaran sama sekali. Merek memang penting. Mereka yang membangun merek mereka dan mengelolanya dengan sukses dapat hak merek memperoleh keuntungan besar. Berikut adalah enam prinsip untuk menciptakan dan membangun merek serta contoh dunia nyata mengapa itu penting.

Merek yang kuat memicu tombol panas di konsumen.

Kami membeli karena alasan emosional dan kemudian merasionalisasi pembelian tersebut. Ketahui apa yang memicu audiens target Anda. Bagi pembeli Volvo, ini keamanan. Faktanya, Volvo dan keamanan telah menjadi identik. Volvo telah mengambil hubungan emosional ini dan secara strategis membangun mereknya di seputar keselamatan. Situs web perusahaan mengatakan, “Jelajahi keindahan keselamatan dengan Volvo 2006”. Situs ini bahkan memiliki bagian “Volvo Saved My Life Club” dengan kisah orang-orang nyata yang dilindungi oleh Volvo mereka dalam kecelakaan mobil. Kisah-kisah ini emosional, tetapi juga menggarisbawahi bagaimana merek Volvo dikaitkan dengan keselamatan. Hasilnya, perusahaan telah mengembangkan basis pelanggan yang sangat loyal.

Merek bukan hanya logo dan tagline yang cerdas.

Ini hanyalah aplikasi dari merek yang sebenarnya – sebuah konsep yang ada di benak konsumen Anda. Merek Anda adalah pengalaman bagi pelanggan. Tidak ada yang menyampaikan ide ini lebih baik daripada MasterCard® dengan kampanye iklan “Tak ternilai” mereka. Meskipun mereka mengandalkan konsumen untuk membeli barang dengan kartu kredit MasterCard®, mereka tahu bahwa pembeli ingin merasa nyaman dengan pembelian mereka. Apa yang akan membuat mereka merasa seperti itu? The pengalaman terkait dengan pembelian itu. “Ada beberapa hal yang tidak bisa dibeli dengan uang. Untuk yang lainnya ada MasterCard®.” Meskipun mereka mengakui bahwa ada beberapa pengalaman yang tidak dapat Anda beli, mereka juga menghindari fakta bahwa masih banyak lagi pengalaman yang dapat Anda beli. Dengan kata lain, mereka membuat konsumen merasaseolah-olah MasterCard® dapat memberi mereka pengalaman yang mereka inginkan. Pengalaman diperkuat melalui promosi rutin perusahaan di mana pemegang kartu dapat memenangkan perjalanan, mobil, uang tunai dan dalam promosi baru-baru ini, sebuah rumah.

Kampanye iklan yang brilian: Ribuan dolar. Iklan televisi 60 detik: Ratusan ribu dolar. Membangun merek yang membuat pelanggan merasa nyaman dengan pembelian mereka dan menghasilkan pertumbuhan pendapatan dua digit untuk MasterCard® [1]: Tak ternilai harganya.

Ketahui apa yang diasosiasikan pelanggan dengan merek Anda dan bagaimana memanfaatkannya.

Anda tahu bahwa merek menyentuh emosi. Karena pelanggan membeli karena alasan emosional, persepsi mereka mewarnai merek Anda. Misalnya Martha Stewart. Dia sangat menyadari bahwa hidup dengan baik menarik bagi konsumen pada tingkat emosional. Perusahaannya, Martha Stewart Living Omnimedia (MSLO), telah mencap dirinya sendiri, dengan menyatakan di situs web bahwa “… Martha Stewart membagikan prinsip-prinsip kreatif dan ide-ide praktis yang telah menjadikannya sebagai panduan paling tepercaya di Amerika untuk gaya hidup penuh gaya.”

Bahkan ketika Martha dituduh melakukan perdagangan orang dalam, dia terus memperkuat – bahkan memanfaatkan – merek “gaya hidup” dari balik jeruji besi: membuat makanan lezat di microwave penjara, mengumpulkan apel dari halaman penjara untuk membuat saus apel, memasuki Natal kontes dekorasi, dll. Dalam prosesnya, dia memenangkan kekaguman dari sesama narapidana dan loyalitas merek yang berkelanjutan dari pelanggannya. Merek MSLO tetap kuat meskipun ada tantangan yang dihadapi perusahaan. Hari ini, itu adalah kerajaan senilai hampir $ 500 juta dengan acara televisi, buku, majalah, barang-barang rumah tangga yang diperdagangkan melalui Kmart, bisnis katalog dan lini furnitur dengan Bernhardt. MSLO dengan cekatan menguasai seni meyakinkan konsumen bahwa mereka bisamenjalani hidup yang baik. Memperkuat, memanfaatkan, dan terus membangun merek tersebut telah berhasil dan “ini hal yang baik” untuk MSLO.

Merek adalah bagian seni, bagian sains.

Keseimbangannya rumit. Kreativitas memperkuat dan menghidupkan merek. Tapi ilmu tentang branding sama pentingnya. Anda tidak dapat membangun merek yang sukses tanpa keduanya. Anda harus memahami suka dan tidak suka audiens target Anda serta tombol panas mereka. Kampanye merek dapat disajikan secara artistik, tetapi jika konsumen tidak tahu apa yang Anda jual atau tidak dapat mengidentifikasinya, kampanye Anda gagal. Perusahaan Disney telah berhasil menciptakan merek yang memadukan seni dan sains. Kunjungi bagian gambaran umum perusahaan di situs web mereka dan Anda akan memahami mengapa pendekatan ini telah menciptakan merek yang kuat di seluruh dunia. ” Perusahaan Walt Disney tetap setia pada komitmennya untuk menghasilkan pengalaman hiburan yang tak tertandingi berdasarkan warisan konten kreatif berkualitas dan penceritaan yang luar biasa. Saat ini, Disney dibagi menjadi empat segmen bisnis utama: Hiburan Studio, Taman dan Resor, Produk Konsumen, dan Jaringan Media. Setiap segmen terdiri dari bisnis yang terintegrasi dan terhubung dengan baik yang beroperasi bersama-sama untuk memaksimalkan eksposur dan pertumbuhan di seluruh dunia. ”

Riset pasar yang cermat, grup fokus, memaksimalkan eksposur merek, pendidikan berkelanjutan, dan teknologi canggih adalah bagian dari ilmu merek Disney. Organisasi selaras dengan apa yang diinginkan audiens target mereka: hiburan keluarga yang sehat dalam dunia imajinasi. Dan, mereka terus mengukur, mengevaluasi, dan menyesuaikan upaya mereka untuk mempertahankan merek ini. Komponen artistik merek mereka jelas dapat ditemukan dalam kreativitas dan kualitas taman hiburan, film, barang dagangan, dan saluran media (misalnya, televisi, web, majalah) yang telah mewakili merek Disney sejak 1923. Bersama-sama, seni dan sains telah membangun perusahaan hiburan terbesar di dunia.

SIFAT DAN FUNGSI HAK MEREK

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *